Self Reminder : Puasa

Berpuasa – Alhamdulillah tak terasa kita telah memasuki bulan Ramadhan kembali yang ke 1439 H. hari ini adalah hari pertama Shalat Tarawih dan pada saat tarawih tadi, saya menulis rangkuman apa yang khotib sampaikan, saya share disini bertujuan agar memberikan manfaat ke orang lain..

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183 :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Dengan kita melaksanakan ibadah puasa sesuai dengan syariat Islam, insha Allah akan mendapat ridha Allah..

  1. Puasa hanya disyariatkan kepada orang-orang muslim, selain orang muslim tidak di syariatkan
  2. Puasa hanya di wajibkan kepada orang-orang yang sudah baligh
  3. Puasa hanya disyariatkan kepada orang-orang yang berakal saja.
  4. Puasa diwajibkan untuk orang yang mampu secara fisik, jika secara fisik tidak mampu maka bisa tidak berpuasa (tidak diwajibkan) namun harus menggantinya di lain hari diluar bulan Ramadhan.
  5. Harus suci dari Haid/Nifas (bagi kaum hawa), jika sedang dalam masa Haid, maka tidak boleh berpuasa, namun harus menggantinya dilain hari diluar bulan Ramadhan.
Agar puasa kita diterima oleh Allah SWT. ada rukun-rukun yang harus diperhatikan:
  1. Niat : (niat puasa) sangat penting sekali niat sebelum puasa. Dengan niat yang tulus dan diyakini dengan hati Insha Allah ibadah diterima oleh Allah SWT.
  2. Menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan ibadah puasa : Terutama makan dan minum, yang tak kalah penting pula yaitu menahan hawa nafsu.
Sekian yang dapat saya share, semoga bermanfaat. Apabila dalam penulisan terdapat salah kata, mohon untuk mengoreksi di kolom komentar. Terima kasih.